Selasa, 12 Februari 2013

Makanan khas

           Sambal tuk-tuk
Siapa yang g kenal dengan makanan khas sambal tuk-tuk, makanan khas dari tapsel khususnya dari sibuhuan. Teman-teman juga mungkin sudah pernah mencoba sambal tuk-tuk, gimana rasanya enak bukan?? Jangan di jawab lagi, karena akan membuat lapar jadinya, hehe J, di samping rasanya yang enak dan unik ternyata juga mempunyai manfaat bagi kesehatan seperti:
              Melindungi jantung,  didalam sambal tuk-tuk terdapat Capsaicin yang membantu melindungi jantung dengan mengurangi kolesterol, trigliserida dan agregasi platelet. Hal ini juga dapat membantu tubuh melarutkan fibrin, yang diperlukan untuk membentuk pembekuan darah. Penelitian juga menemukan bahwa budaya makan sambal tuk-tuk secara bebas dalam suatu negara, memiliki tingkat serangan jantung & stroke yang lebih rendah dari pada budaya yang tidak membiasakan makan cabai.
        Membakar Lemak dan Menurunkan Berat Badan. Capsaicin meningkatkan aktivitas metabolik tubuh kita, yang artinya dapat membantu untuk membakar kalori dan lemak. Banyak suplemen-suplemen pembakar lemak yang populer di pasaran yang mengandung capsaicin, yang secara signifikan dapat meningkatkan aktivitas metabolik selama kurang lebih 20 menit setelah suplemen tersebut diminum.
      Sambal tuk-tuk juga dapat mencegah Sinusitis dan Meringankan Hidung Mampet. Capsaicin memiliki sifat antibakteri ampuh yang memerangi dan mencegah infeksi sinus kronis, atau sinusitis. Karena sangat panas, capsaicin juga membantu untuk merangsang sekresi yang membantu membersihkan di hidung, sehingga dapat mengurangi hidung tersumbat. Capsaicin juga dapat membantu meringankan sinus yang berhubungan dengan gejala alergi.
        Penghilang Rasa Sakit juga ada pada sambal tuk-tuk. Capsaicin dapat mengobati nyeri osteoarthritis, dan juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dari neuropati diabetes. Capsaicin juga diketahui menghambat Substansi P, suatu neuropeptida yang menghantarkan rasa sakit ke otak. Substansi P dapat menyebabkan pembengkakan serabut saraf, yang dapat mengakibatkan sakit kepala dan gejala sinus. Penelitian telah menemukan bahwa capsaicin menyembuhkan dan mencegah sakit kepala, sakit kepala migrain dan sakit kepala akibat sinus.
Nah sekarang kita sudah tau apa saja manfaat makan sambal tuk-tuk asal jangan kebanyakan makan sambal tuk, karna tidak bagus bagi keseahatan kita.


         Holat

        Begitu mendengar namanya saja perut kita sudah diundang rasa lapar ditambah lagi dari kemarin belum makan haha bacanda ja. Ayo siapa yang tidak mengetahui makanan khas tapsel ini ya holat namanya.  Holat adalah hasil irisan dari kulit kayu balakka, sedangkan pakkat dibuat dari bagian ujung kayu rotan muda dan yang sudah dipanggang dan campur kulit kayu balaka yang hanya terdapat di hutan Tapanuli Bagian Selatan. Masakan dari ikan bakar yang berkuah segar itu adalah salah satu menu makanan. Biasanya, menyediakan ikan mas bakar untuk diaduk bersama umbut rotan yang sudah direbus. Termasuk dengan serbuk kulit kayu yang sudah dikikis. Umbut rotan yang sudah direbus ditambah ikan mas yang sudah dipanggang lalu diaduk dengan serbuk kulit kayu balaka yang telah dikikis sudah bersatu dalam piring dan di lengkapi kuah yang tadinya diaduk dengan rempah-rempah, sehingga menjadi holat.
     Selain aroma holat yang memikat dan menambah selera makan, holat juga mempunyai manfaat bagi kesehatan dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti:
  • asam lambung
  • rematik
  • darah tinggi
  • asam urat
  • malaria dan penyakit lainnya
nah sekarang selain rasa holat yang lezat kita juga sudah tau apa manfaat holat bagi kesehatan kita :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar